Selasa, 17 Januari 2012

KELOMPOK SADAR WISATA GROBOGAN BERANGKAT STUDI BANDING KE BALI

Satu kabar yang cukup menggembirakan didapat dari kegiatan kepariwisataan Kabupaten Grobogan; Akhir tahun 2011, Disporabudpar untuk Bidang Pariwisata mengirim Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) nya ke ajang kompetesi POKDARWIS Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kawasan Desa Wisata Owabong Kabupaten Purbalingga. 

Berangkat dengan semangat yang menggebu-gebu, tim yang terdiri dari 3 orang: Andreas Indra BS Nugroho (Lembaga Bakti Indonesia), Rini Setyowati (DISPORABUDPAR Kab. Grobogan), Nanik S. (DISPORABUDPAR Kab. Grobogan) ditemani dengan 2 orang pendamping dari DISPORABUDPAR Kabupaten Grobogan berangkat untuk mewakili Kabupaten Grobogan di ajang tersebut. Ajang yang digelar setiap tahunnya ini, menjadi satu agenda tahunan rutin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan meningkatkan gairah partisipasi masyarakat dalam mengenali, mencintai, serta mempromosikan keunggulan wisata daerah yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Bukan baru pertama kalinya perwakilan Kabupaten Grobogan mengikuti ajang ini, namun menurut informasi dari Bidang Pariwisata DISPORABUDPAR Kabupaten Grobogan, bahwa Grobogan telah lama tidak dapat mencetak prestasi hingga ke babak final di tingkat provinsi, terakhir di tahun 1998 menyabet gelar harapan III dan setelah itu tidak ada hasil yang memuaskan. Bahkan beberapa kali sempat abses, tidak mengirimkan perwakilannya dalam ajang tersebut.

Di tahun 2011 inilah, kembali dicoba untuk mengirimkan perwakilannya, seraya tidak berharap dan mentargetkan prestasi, namun tetap bersemangat dalam memeriahkan kegiatan. Untuk itu perwakilan yang ditunjuk hanya mempersiapkan segala bentuk apresiasi seni, materi, serta presentasi yang diperlukan tanpa menanggung beban target yang tinggi. LUAR BIASA! perwakilan Kabupaten Grobogan yang sempat diremehkan dan tidak masuk nominasi untuk masuk ke babak final, dapat membalikkan keadaan dan yang pada akhirnya masuk ke babak final setelah berhadapan dengan 35 kelompok, peserta utusan dari tiap kabupaten/ kota se - Jawa Tengah dan menyabet gelar Harapan II dengan track point hanya selisih tipis dengan kelompok yang lain, terpaut pada nilai penjurian presentasi.

Sudah menjadi jamu mujarab bagi tim Kabupaten Grobogan, khususnya keluarga besar Bidang Pariwisata DISPORABUDPAR Kabupaten Grobogan, yang mana telah merindukan gelar atau cetakan prestasi kembali, setelah hampir 13 tahun terpuruk tanpa prestasi apapun. Sebagai hadiahnya, tim POKDARWIS BERSEMI Grobogan mendapatkan uang pembinaan sekaligus mendapatkan tiket studi banding pariwisata ke Bali di akhir tahun 2011.

Kebanggaan tersendiri, sesuatu yang sulit telah terpecahkan berkat semangat juang dan pantang menyerah dari sekelompok masyarakat Grobogan. Bukan mengenai seberapa besar hasil yang dicapai, melainkan seberapa besar semangat untuk mampu meraih prestasi dan tidak rendah diri, menempa mental menjadi sang juara, telah membuktikan hasil yang baik dan membanggakan bagi semua orang.

Kiranya, cetakan-cetakan prestasi kembali diraih oleh Kabupaten Grobogan, khususnya generasi muda dalam mengembangkan daya kreativitas, idealis, dan kemampuannya, untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Grobogan baik di kancang persaingan tingkat Provinsi Jawa Tengah, nasional, maupun diakui prestasinya di tingkat internasional. Semoga ini dapat menjadi inspirasi tersendiri bagi kita semua.... Jayalah terus Kabupaten Grobogan

2 komentar:

  1. terima kasih atas dukungan dan supportnya....! Update terus informasi pemberdayaan masyarakat Grobogan hanya di blog ini... Mohon sebarkan info ini sehingga menjadi gerakan yang membudaya demi kemajuan Kabupaten Grobogan

    BalasHapus