Senin, 03 Desember 2012

LEMBAGA BAKTI INDONESIA (LBI) BERDUKA, KEBAKARAN MEMPORAK PORANDAKAN SEKRETARIAT

Jumat, 30 November 2012, terjadi kebakaran hebat di Sekretariat Lembaga Bakti Indonesia akibat konsleting listrik pada pal atas (atap) bangunan. Sekretariat yang berfungsi sebagai pusat data kelembagaan dan organisasi, mulai dari PKBM. Bakti Indonesia, LKP. Bakti Indonesia, Taman Bacaan Masyarakat, PKG PAUD Kecamatan Grobogan, HIMPAUDI Kecamatan Grobogan, DPC PPMI Kabupaten Grobogan, Ikatan Duta Wisata Grobogan (IDWG), LPKP. Pangeran Puger, dan Karang Taruna Pangeran Puger, kini telah tinggal puing-puing berserakan, hampir tidak ada barang tersisa kecuali tembok yang masih berdiri dengan bekas terbakar.
 
Secara otomatis, kegiatan kursus komputer, bimbingan belajar, serta les bahasa Inggris berhenti total untuk sementara waktu. Koneksi internet terputus, jaringan telepon maupun listrik pun mengalami nasib sama. Kegiatan lembaga sontak mati total seketika itu juga. Hanya pendidikan kesetaraan dan PAUD yang masih tetap berjalan secara untuh oleh karena layanan pendidikan tidak diselenggarakan di sekretariat.
 
Bencana yang tidak diduga-duga ini mendukakan banyak pihak, oleh karena seluruh kegiatan pendidikan nonformal, bergantung pada sekretariat ini. Seperti yang dilansir pada beberapa media massa seperti Suara Merdeka dan Jawa Pos, kebakaran begitu cepat, tidak ada staff lembaga yang tengah berada di tempat pada jam 08.30 WIB, oleh karena kegiatan kursus dan pelatihan biasa dimulai pada siang hingga malam hari. 
 
Kerugian ditaksir mencapai 80 juta rupiah yakni segala sarana dan prasarana yang telah hancur meliputi 7 unit komputer, 2 unit print scan copy, 1 buah laptop, ribuan buku bacaan, 1 buah televisi, 1 unit telepon dan speedy, 1 set peralatan laminating, puluhan kursi dan meja, berkas-berkas/ data, dsb.
 
Sehari setelah kejadian tersebut, Pengurus Lembaga Bakti Indonesia segera briefing untuk menyusun rencana strategis penanganan bencana ini. Keputusan pengurus tertuju pada pembangunan gedung baru di atas tanah lain milik lembaga yang telah dipersiapkan berkantornya pengurus ke depan, serta kegiatan dipusatkan. 
 
Oleh karenanya, pengurus tengah ekstra keras menghimpun dana untuk pembangunan gedung yang baru tersebut. Agar kegiatan tetap berjalan, ditetapkan Sekretariat Sementara (Darurat) di Jl. Werkudoro No. 24 RT 03 RW 10 Kel. Grobogan Kec. Grobogan Kab. Grobogan Prov. Jawa Tengah Kode Pos: 58152. Untuk itu, bagi yang ada keperluan dan terkait surat-menyurat ditujukan ke alamat tersebut di atas.
 
Semoga, bencana kebakaran ini tidak menyurutkan tekad pengurus untuk terus berupaya memberikan layanan terbaik di pendidikan nonformal demi terwujudkan pemberdayaan masyarakat. Dukungan baik moril maupun spirituil dari banyak pihak diperlukan untuk mewujudkan kesinambungan kegiatan Lembaga Bakti Indonesia ke depan. 
 
Terima kasih... Kiranya rahmat, penyertaan, dan karunia Tuhan Yang Maha Esa senantiasa ada pada kita sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar