Kamis, 13 Desember 2012

PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER GASAL KEJAR PAKET

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bakti Indonesia melalui Kelompok Belajar Paket A Setara SD, Paket B Setara SMP, Paket C Setara SMA Bakti Indonesia telah menyelenggarakan Ujian Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013. 
 
Bertempat di SD Negeri 4 Grobogan, kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Ini sudah memasuki hari keempat, dimana Paket A Setara SD Kelas VI, Paket B Setara SMP Kelas VII dan IX telah merampungkan semesterannya. Sementara Paket C Setara SMA Kelas X hari Jumat esok menjadi hari terakhir, dan Paket C Setara SMA Kelas IX akan mengakhiri ujian semesternya pada hari Sabtu, 15 Desember 2012.

Adapun materi yang diujikan untuk Paket A Setara SD meliputi: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Kewirausahaan. Paket B Setara SMP mengujikan materi: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Kewirausahaan. Sementara mata pelajaran Paket C Setara SMA Kelas X yang diujikan meliputi: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah, Kimia, Fisikia, Biologi, dan Kewirausahaan. Khusus untuk Paket C Setara SMA Program IPS mengujikan: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi Geografi, Sejarah, dan Kewirausahaan.

PKBM Bakti Indonesia untuk pendidikan kesetaraan pada tahun ini hanya membuka 5 program yakni:
  1. Paket A Setara SD Kelas 6
  2. Paket B Setara SMP Kelas 7
  3. Paket B Setara SMA Kelas 9
  4. Paket C Setara SMA Kelas 10
  5. Paket C Setara SMA Program IPS Kelas 12
Antusias warga belajar cukup besar, dimana pelaksanaan ujian pada Pukul 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB sering terkendala turunnya hujan, sementara rumah tinggal warga belajar kebanyakan cukup jauh dengan medan tempuh daerah perdesaan yang kurang mendukung dengan jalan yang rusak. Bahkan ada yang rela datang dari luar kota untuk menempuh ujian semester dimana Kejar Paket Bakti Indonesia diselenggarakan. 
 
Untuk itu, apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh warga belajar yang begitu bersemangat untuk menempuh pendidikan kesetaraan demi masa depan yang lebih baik. Tidak ada batasan usia maupun strata sosial, dari golongan kaum pekerja, pengangguran, maupun putus sekolah, tetap mau berupaya memperbaiki pendidikannya. Inilah yang diperlukan Indonesia, orang-orang yang penuh dengan semangat, mengejar asa yang sempat tertunda, dengan jerih payah sungguh, pasti akan tercapai hasil yang luar biasa pula. Semoga Sukses....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar