Jumat, 30 Desember 2011

JOERAGAN CRAFT, SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN WIRAUSAHA DAN UPAYA PEMBERDAYAAN PEMUDA

Satu lagi upaya yang dilakukan oleh Lembaga Bakti Indonesia dalam mewujudkan misinya untuk pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pengembangan kewirausahaan di tengah-tengah kalangan generasi muda daerah. Untuk itu, didirikanlah JOERAGAN CRAFT sebagai pusat pengembangan souvenir dan kerajinan kreatif. Dunia craft sengaja dipilih oleh Dewan Pengurus untuk dikembangkan dan menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan kewirausahaan di kalangan masyarakat. Ini tidak serta merta dipilih begitu saja, melainkan dipertimbangkan dari berbagai aspek khususnya prospek ke depan mengenai dapat dan tidaknya  usaha itu berkembang. Disamping itu, sebagai salah satu pertimbangan dasar adalah suatu usaha yang dikembangkan berdasarkan hobi atau minat sekelompok pemuda di bidang kerajinan.

Joeragan Craft telah mulai dikembangkan sebagai suatu kelompok kewirausahaan pemuda di bawah naungan Lembaga Bakti Indonesia. Dimulai dari hanya empat orang saja yang menjadi manajemen inti daripada pengembangan usaha tersebut. Dewan Pengurus LBI berharap satu kelompok ini menjadi kelompok kewirausahaan pemuda unggulan, yang mampu untuk menjadi mandiri serta dapat menyokong usahanya sendiri menuju pada suatu usaha yang dikelola secara profesional.

Sebagai suatu home industri dengan produk khas souvenir dan kerajinan kreatif, Joeragan Craft digarap secara serius baik dari segi kreatifitas dan pengembangan produk, manajerial, maupun bidang pemasaran. Ditangani oleh orang-orang yang cukup berkompeten di bidangnya, bukan mengandalkan orang-orang dengan tingkat pendidikan tinggi, melainkan orang-orang yang MAU untuk berusaha dan berjuang mewujudkan mimpi/ harapan. Ketika seseorang telah mau untuk melakukan sesuatu, berarti ia akan terus mempelajari berbagai hal yang dapat dipelajari, dari buta menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak mampu menjadi mampu. Dengan demikian selaras dengan visi LBI yang telah ditetapkan ketika lembaga ini terbentuk yaitu, membuat masyarakat menjadi BERDAYA.

Perkembangan signifikan mulai dapat dilihat, berbagai order/ pesanan souvenir mulai berdatangan, awal yang baik untuk memaju semangat kelompok JOERAGAN CRAFT, serta dapat mecitrakan Lembaga Bakti Indonesia yang konsisten dalam pengembangan kewirausahaan sebagai solusi peningkatan kesejahteraan sosial. Berlokasi di salah satu ruangan Sekretariat LBI, Joeragan Craft dikendalikan dan beroperasi, mudah terjangkau sekaligus mudah dalam pantauan kinerja para anggota kelompok oleh Dewan Pengurus LBI.

Per Januari 2012 ini, program yang lebih menonjol lagi akan segera terealisasi, jalinan kemitraan yang diupayakan oleh LBI telah menampakkan hasilnya, berbagai tawaran untuk pameran dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan, baik atas kerjasama LBI dengan SKPD di pemerintah, maupun dengan LSM/ yayasan, atau organisasi masyarakat dan OKP di daerah lain. Semoga ini menjadi awal baik di tahun 2012, menempatkan Joeragan Craft di tengah-tengah masyarakat dan pasar souvenir dan kerajinan, serta mampu menjadi pelopor dalam gerakan MEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN WIRAUSAHA.

Info Lengkap mengenai JOERAGAN CRAFT dapat di akses di www.joeragancraft.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar