Selasa, 01 Mei 2012

HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2012

"Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dan Ikut Melaksanakan Ketertiban Dunia..." Begitulah cuplikan naskah Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke - 4 dan sekaligus sebagai salah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 
Para Pendiri Bangsa Indonesia, telah sepakat dan sepaham, bahwa salah satu tujuan negara ini adalah untuk membuat rakyat Indonesia "cerdas", terbebas dari kekangan apapun, berpikir maju, modern, dinamis, serta berkualitas tinggi. Pencapaian itu semua dapat terwujud melalui PENDIDIKAN.
 
Pendidikan sebagai salah satu upaya untuk mendidik, mengajarkan, memberi pembelajaran kepada manusia untuk dapat mengerti, memahami, dan melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan daya intelektualitasnya serta kemampuan dirinya untuk hidup, tumbuh, dan berkembang, mewujudkan tujuan hidup dan segala harapan.
 
Pendidikan menjadi faktor penentu maju tidaknya suatu bangsa, bagaimana tidak, dengan daya nalar dan otak atau kemampuan berpikir, manusia mampu mewujudkan atau menciptakan sesuatu yang dikehendakinya. Dengan kecerdasan dan kecerdikan pikiranlah, manusia mampu berupaya menggapai cita-citanya serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Tanpa pendidikan, suatu bangsa tidak mungkin dapat berkembang, bersaing dengan bangsa lain yang semakin kompetitif dalam segala persaingan globalisasi.
 
Teori hanyalah sekedar teori tanpa praktek nyata. Begitu pula pendidikan, tanpa itikad dan kemauan keras untuk menjadi terdidik, manusia membutuhkan pengorbanan, baik waktu, tenaga, dan pikiran, untuk bersedia ditempa dengan berbagai ilmu pengetahuan yang ada, guna menambah wawasan, mengubah pola pikir konvensional menjadi dinamis, berlapang dada akan adanya perubahan yang terus terjadi, serta mampu menjadi bagian daripada perubahan itu sendiri. Demikian pula, kesuksesan pendidikan di Indonesia, membutuhkan para pengabdi di dunia ini, yang berkharakter, berdisiplin ilmu, serta berkemauan keras untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. 
 
Sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012; BANGKITNYA GENERASI EMAS INDONESIA, mari kita wujudnya tekad tersebut, mengkontribusikan segala kemampuan dan pikiran kita guna membangkitkan kesadaran masyarakat akan arti penting pendidikan, serta memberikan layanan pendidikan sepanjang hayat bagi semua lapisan masyarakat, segala umur, segala gender, serta dimanapun berada, termasuk di daerah perdesaan.
 
"BANGKITLAH GENERASI EMAS INDONESIA, BANGKITLAH BANGSA INDONESIA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar