Jumat, 29 Juni 2012

PELATIHAN PENGELOLAAN PAUD 2012

Dalam rangka meningkatkan kinerja para penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini, Lembaga Bakti Indonesia bekerja sama dengan Pusat Kerja Gugus PAUD (PKG PAUD) Pangeran Puger Kecamatan Grobogan, menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Lembaga Penyelenggara PAUD Tahun 2012.



Kegiatan yang diprakarsai oleh para penggiat PAUD di Kecamatan Grobogan ini, merupakan kegiatan swadana yang dibiayai atas iuran peserta serta bantuan donasi dan kepanitiaan dari Lembaga Bakti Indonesia yang dalam hal ini diterjunkan langsung dari para pengurus PKBM Bakti Indonesia.


Pelatihan dimaksud diselenggarakan di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Grobogan, yang dibuka secara langsung oleh Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan pada tanggal 26 Juni 2012.


Panitia telah menyiapkan konsep pelatihan sedemikian rupa dengan berbagai materi yang dirasa diperlukan guna penataan manajemen kelembagaan dan sistem pembelajaran yang paling dasar dan harus dimengerti oleh para pendidik dan tenaga kependidikan PAUD khususnya di Kecamatan Grobogan. Adapun materinya terdiri dari:
  1. Kebijakan Pemerintah dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), disampaikan oleh Drs. Siswoyo, M.Pd., Kasie PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan;
  2. Penyusunan kurikulum, silabus, dan RPP pada pembelajaran PAUD; disampaikan oleh Saiful Mujib, S.Pd.I., dari HIMPAUDI Kecamatan Grobogan;
  3. Pengelolaan Administrasi Kelembagaan, disampaikan oleh Andreas Indro Bagus Setyo Nugroho, A.Md., selaku ketua PKG Paud Pangeran Puger Kecamatan Grobogan;
  4. Metode pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, disampaikan oleh Rini Wahyuningsih, S.Pd., M.Pd., ketua HIMPAUDI Kabupaten Grobogan;
  5. Manajemen Lembaga Pendidikan, disampaikan oleh Andreas Indro Bagus Setyo Nugroho, A.Md., Kepala Lembaga Bakti Indonesia.
  6. Serta, Materi tambahan yaitu: Pengenalan permainan dan lagu anak, disampaikan oleh Slamet Rahayu, A.Ma., dari HIMPAUDI Kecamatan Grobogan.
Pelatihan yang terhitung singkat ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB s.d. 16.30 WIB, dihadiri oleh 90 peserta terdiri dari:
  1. Pendidik dan tenaga kependidikan TK se - Kecamatan Grobogan;
  2. Pendidik dan tenaga kependidikan RA se - Kecamatan Grobogan;
  3. Pendidik dan tenaga kependidikan Kelompok Bermain se - Kecamatan Grobogan;
  4. Pendidik dan tenaga kependidikan Paud TPQ se - Kecamatan Grobogan;
  5. Pendidik dan tenaga kependidikan Pos Paud se - Kecamatan Grobogan;
  6. Perwakilan dari utusan Desa/ Kelurahan se - Kecamatan Grobogan.
"LUAR BIASA" Ini merupakan even pertama yang diselenggarakan oleh PKG PAUD Pangeran Puger Kecamatan Grobogan, dan merupakan kegiatan pertama kali yang terselenggara di Kabupaten Grobogan, atas prakarsa Pusat Kerja Gugus. Oleh karena itu, Kecamatan Grobogan mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan atas prestasinya dalam menyukseskan gerakan PAUDISASI yang berdampak cukup signifikan hingga ke desa-desa di Kecamatan Grobogan.
 
Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan "keselarasan" antara para pengelola Paud Formal dan Paud Nonformal, sehingga mampu menjadi satu keluarga besar PAUD yang diharapkan dapat terjalin komunikasi dan hubungan yang produktif demi terwujudnya pendidikan bagi anak usia dini yang lebih baik.
 
Dari keseluruhan jumlah peserta, jumlah peserta yang diundang dah telah hadir serta mengikuti pelatihan hingga selesai mencapai angka 75% dari total keseluruhan undangan. Prestasi yang membanggakan bagi seluruh panitia yang berupaya untuk mewujudkan satu kegiatan yang produktif ini.
 
Terlepas dari itu, PKG Paud Pangeran Puger Kecamatan Grobogan mengungkap, akan segera melaksanakan program kerja di tahun 2012 yang dipaparkan dalam pelatihan kemarin, yakni:
  1. Pelatihan Komputer Operator Office khusus untuk pendidik dan tenaga kependidikan PAUD se - Kecamatan Grobogan. Program kerja ini merupakan hasil kerjasama dengan LKP. Bakti Indonesia;
  2. Ajang Kreativitas Anak Usia Dini, khusus untuk siswa PAUD tingkat Kecamatan Grobogan. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan gugus-gugus paud di tiap wilayah, IGTKI Kecamatan Grobogan, serta HIMPAUDI Kecamatan Grobogan;
  3. Festival Seni Tradisional "Angguk" Pendidikan Anak Usia Dini tingkat Kecamatan Grobogan. Diprakarsai oleh PKG PAUD Pangeran Puger  dengan Gugus Paud se - Kecamatan Grobogan.
Peserta pelatihan bahkan mendapatkan sertifikat yang diberikan secara langsung oleh PKG PAUD Pangeran Puger Kecamatan Grobogan, bersama-sama dengan UPTD Pendidikan Kecamatan Grobogan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan. Acara selesai tepat pukul 16.30 WIB, ditutup secara langsung oleh Penilik PLS Kecamatan Grobogan, Ibu Kustijati, S.Pd., M.Pd. 
 
Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya patut diberikan kepada seluruh peserta pelatihan, khususnya para penggiat Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Grobogan. Mari wujudkan pengelolaan lembaga pendidikan yang profesional dengan penuh pengabdian dan kerja keras demi mewujudkan layanan pendidikan bagi anak usia dini yang apik, maju, dan dinamis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar