Sabtu, 27 April 2013

PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL PENDIDIKAN KESETARAAN (UNPK) PERIODE 1 TAHUN 2013

Gambar 1: Foto Bersama di Lokasi Ujian Nasional
 
Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) atau biasa dikenal masyarakat umum dengan Ujian Persamaan: Paket C Setara SMA, Paket B Setara SMP, Paket A Setara SD, telah berjalan dengan baik dan lancar. Pada periode 1 ini diselenggarakan sejak tanggal 14 April 2013 - 18 April 2013 untuk Program Paket C Setara SMA, serta tanggal 22 April 2013 - 24 April 2013 untuk Program Paket B Setara SMP, dan nantinya disusul Program Paket A Setara SD pada tanggal 6 Mei 2013 - 8 Mei 2013. Sejumlah 93 warga belajar, yang telah lolos verifikasi dari PKBM Bakti Indonesia, mengikuti Ujian Nasional yang baru pertama kali ini dengan sistem baru dari Dinas Pendidikan yakni serentak se-Indonesia dengan hari dan tanggal yang sama dengan sekolah formal (SMA, SMP, dan SD) pada umumnya, serta dengan model yang sama pula. 

 Gambar 2: Foto Bersama Penyelenggara PKBM Bakti Indonesia

Kendati mengalami berbagai perubahan sistem, mulai dari 20 paket soal dengan barcode, sistem tempat duduk per siswa, serta berbagai model UN lainnya yang sempat membingungkan baik penyelenggara maupun peserta, namun tetap dapat diselenggarakan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Ini menjadi prestasi tersendiri bagi banyak pihak, oleh karena Pendidikan Kesetaraan yang telah disejajarkan dengan Pendidikan Formal, mulai menampakkan gaungnya, berdikari dan memiliki tempat tersendiri di mata masyarakat. Ketika dahulu dianggap remeh dan hanya menjadi bahan cibiran bagi banyak pihak, sekarang telah berhasil menempati posisinya, menjadi bagian dari Sistem Pendidikan Nasional, yang sudah selayaknya mendapatkan layanan, perhatian, dan hak eligibilitas sama baik di dunia pendidikan, dunia kerja, maupun citra di masyarakat. 

Gambar 3: Suasana Belajar Bersama di Penginapan (Base Camp PKBM Bakti INdonesia)
 
Upaya ini tidak serta merta terjadi begitu saja, banyak andil dari pemerintah khususnya melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pendidikan baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/ kota, serta para lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan, dan lebih khusus lagi para warga belajar, peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK).

Gambar 4: Narsis di Penginapan (Base Camp) PKBM Bakti Indonesia
 
Kini, tinggalah menunggu hasilnya, para warga belajar mampukah berbicara dalam Ujian Nasional, untuk mendulang nilai apik yang menentukan kelulusan mereka untuk segera meraih asa yang sempat tertunda. Jayalah terus pendidikan kesetaraan, Jayalah PKBM Bakti Indonesia.

"DON'T MISS IT! 25 Mei 2013 PENGUMUMAN HASIL UN PAKET C SETARA SMA, 1 Juni 2013 PENGUMUMAN HASIL UN PAKET B SETARA SMP, 8 Juni 2013 PENGUMUMAN HASIL UN PAKET A SETARA SD."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar