Kamis, 19 Juli 2012

WORKSHOP PENDIDIKAN KETERAMPILAN PAKET B TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menggelar Workshop Pendidikan Keterampilan Berbasis Kewirausahaan Paket B Tahun 2012. Diselenggarakan di Islamic Center, Semarang pada tanggal 5 - 7 Juli 2012.
Workshop ini diikuti oleh 210 peserta perwakilan dari 35 Kabupaten/ Kota se - Jawa Tengah yang terdiri dari:
  1. Kepala Seksi Kesetaraan Dinas Pendidikan  1 orang per Kab/ Kota;
  2. Tutor Paket B (Otomotif) 1 orang per kab/ kota;
  3. Tutor Paket B (Tata Boga) 1 orang per kab/ kota;
  4. Tutor Paket B (Kerajinan) 1 orang per kab/ kota;
  5. Siswa Paket B (otomotif) 1 orang per kab/ kota;
  6. Siswa Paket B (Tata Boga) 1 orang per kab/ kota;
  7. Siswa Paket B (Kerajinan) 1 orang per kab/ kota.
Kesempatan baik ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan mengirimkan wakilnya terdiri dari:
  1. Kepala Seksi Kesetaraan Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan;
  2. Tutor Paket B (Otomotif) UPTD SKB Kabupaten Grobogan;
  3. Tutor Paket B (Tata Boga) UPTD SKB Kabupaten Grobogan;
  4. Tutor Paket B (Kerajinan) PKBM Bakti Indonesia;
  5. Siswa Paket B (Otomotif) UPTD SKB Kabupaten Grobogan;
  6. Siswa Paket B (Tata Boga) UPTD SKB Kabupaten Grobogan.
Kembali, Lembaga Bakti Indonesia melalui PKBM Bakti Indonesia, mengirimkan wakilnya dan menjadi satu-satunya wakil dari PKBM di Kabupaten Grobogan di acara workshop tersebut. Pada kesempatan ini, Ketua PKBM Bakti Indonesia (sekaligus Tutor Paket B Pokjar Bakti Indonesia), Andreas Indro Bagus Setyo Nugroho, A.Md., melaksanakan tugas yang diemban selama 3 hari dalam acara tersebut.

Workshop keterampilan berbasis kewirausahaan, ditujukan kepada para pemangku kepentingan pada penyelenggaraan Paket B Setara SMP se - Jawa Tengah, dibagi menjadi 3 jenis keterampilan yang dilatih yakni: Otomotif, Tata Boga, dan Kerajinan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para penyelenggara Kejar Paket B Setara SMP tidak hanya memberikan materi umum yang diujikan pada UNPK (Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan), namun juga mengarahkan peserta didik pada bidang kewirausahaan dengan dibekali pendidikan keterampilan secara khusus. Sehingga, siswa paket B yang telah lulus, memiliki materi/ bekal bagi pengembangan dirinya baik pada kancah dunia kerja maupun wirausaha mandiri.

Program Workshop ini pun terdapat follow up khususnya bagi penyelenggara Paket B, yaitu berupa stimulan atau bantuan operasional untuk menyelenggarakan pendidikan keterampilan di lembaga masing-masing. Dengan demikian, lembaga dapat terbantu dalam operasional penyelenggaraan Paket B khususnya pemberian materi keterampilan yang membutuhkan biaya khusus dan berbeda dengan mata pelajaran pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar